Senin, 22 Juni 2015

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Sumber Foto

Belajar bahasa inggris merupakan salah satu kebutuhan pokok saat ini untuk semua orang. Ini dikarenakan hampir semua instansi yang bekerja di berbagai bidang menuntut karyawannya atau para pelaar pekerjaan untuk menguasai bahasa inggris hingga level tertentu. Sebut saja contohnya untuk bekerja di bank, kita harus menguasai skill berkomunikasi dengan bahasa inggris dengan lancar dan akan di tes ketika wawancara kerja. Sebenarnya belajar bahasa inggris tidak hanya diperuntukkan untuk melamar pekerjaan saja karena kebutuhan belajar bahasa inggris ada bermacam – macam. Kebutuhan – kebutuhan inilah yang biasanya menentukan bagaimana cara kita belajar bahasa inggris. 

Belajar Bahasa Inggris menurut Kebutuhannya

Belajar bahasa inggris bisa dengan berbagai macam cara karena juga mempunyai kebutuhan yang berbeda. Contohnya adalah kebutuhan akademik. Kebutuhan akademik merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar – tawar lagi karena menyangkut keberhasilan kita pada saat sekolah atau kuliah. Sebut saja pelajar di universitas. Mereka sangat memerlukan bahasa inggris karena banyak sekali buku referensi mereka yang menggunakan bahasa Inggris. Untuk mahasiswa jurusan bahasa inggris misalnya, cara belajarnya sangat menyeluruh. Mereka biasanya memulai pembelajaran bahasa inggris mereka dengan mempelajari 4 skill dasar bahasa inggris yaitu menulis, membaca, mendengar, dan berbicara. Lalu mereka lanjut untuk menguasai tata bahasanya. Menguasai tata bahasa tidaklah mudah karena tata bahasa inggris mempunyai banyak materi seperti syntax, semantic, grammar, dan lain – lain.

Belajar bahasa inggris untuk mahasiswa jurusan lain tidaklah sama dengan mahasiswa jurusan bahasa. Mahasiswa dari jurusan lain tidak memerlukan ilmu yang mendetil tentang bahasa inggris selain skill – skill dasar bahasa inggris seperti menulis, membaca, mendengar, dan berbicara. Kebutuhan belajar bahasa inggris mereka memang hanya untuk menguasai skill dasar bahasa inggris yang sangat mereka butuhkan dalam mengerti isi buku – buku referensi mereka dan untuk membekali mereka dengan skill yang diperlukan untuk melamar pekerjaan pada waktu kedepannya. Mereka tetaplah harus mengambil kelas bahasa inggris untuk mengasah kemampuan berkomunikasi mereka.

Lalu ada pula orang – orang yang mempunyai kebutuhan komunikatif. Kebutuhan komunikatif dari belajar bahasa ini adalah jika seseorang akan pergi ke luar negeri untuk bekerja, atau seseorang ingin bekerja di bidang guide pariwisata, atau juga jika seseorang ingin melanjutkan study di luar negeri atau menetap di luar negeri. Ketika mereka berada di luarnegeri, khususnya di Negara – Negara yang berbahasa inggris, mereka akan dihadapkan pada satu situasi dimana mereka harus menggunakan bahasa inggris pada sebagian besar situasi karena mereka akan dikelilingi oleh lingkungan yang menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi dan ketika mereka tidak mampu berkomunikasi dengan baik maka akan timbul berbagai kesulitan. Cara belajar mereka pun berbeda dengan cara belajar kebutuhan akademik di atas. Biasanya mereka belajar dengan cara kursus bahasa inggris atau belajar otodidak. Kunci belajar bahasainggris dengan kebutuhan komunikatif adalah dengan membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan bahasa inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar